Tips Menjaga Badan Tetap Fit dan Langsing Setelah Ramadhan

Saya yakin bulan Ramadhan kemarin banyak yang berhasil menurunkan berat badan tanpa diet yang ketat dan tanpa olahraga yang rutin. ¬†Dan saya salah satu nya ūüôā Alhamdulillah bulan puasa lalu berat badan saya turun hingga 3 kg. ¬†Suatu pencapaian yang luar biasa. Hahaha… karena di bulan lain saya yakin banyak dari kita sulit sekali menurunkan berat badan walau 0,5 kg saja ūüôā

Jangan sampai pencapaian besar itu cuma jadi sejarah.  Pastinya kita ingin badan kita tetap fit dan tetap langsing setelah puasa bahkan kalau bisa lebih fit dan langsing lagi.  Sementara di sisi lain, godaan makanan di bulan syawal luar biasa besar.  Bayangkan, semua makanan yang dimasak sudah pasti enak dan menggoda selera : rendang dan semur daging, sayur godog, opor ayam, ayam goreng, sambal goreng ati, dll.  Belum lagi kue-kue khas lebaran : nastar, kastangel, kacang mede, kacang bawang, putri salju, sagu keju, dll.  Tapi bahaya mengintai dari semua makanan enak tersebut, mulai dari naiknya kadar kolesterol, asam urat, gula darah, tekanan darah dan Berat Badan.  Sayang kan? Kita sudah berhasil menjaga kesehatan dan kebugaran badan selama 1 bulan, tiba-tiba hanya dalam hitungan hari semua yang sudah kita jaga hilang.  Badan kembali melar dan sakit-sakitan.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga tubuh tetap fit dan langsing setelah ramadhan, di antaranya :

  1. Teruskan dengan shaum syawal 6 hari.  Atau kalau yang berprinsip mendahulukan puasa ganti baru puasa syawal juga silakan.  Malah lebih baik.

Saya yakin shaum setelah ramadhan akan lebih terasa ringan.  Kalau saya sih merasa nya begitu ya.  Mungkin karena kita sudah terlatih selama 1 bulan sehingga tubuh kita sudah sangat terbiasa menahan lapar dan haus.  Coba deh dan buktikan sendiri.

2.  Jangan makan kapan pun Anda menginginkannya.

Dari hasil penelitian tentang dampak sembarangan makan terhadap kesehatan tubuh didapatkan hasil : “orang-orang yang makan kapan pun mereka mau” vs “makan ketika memang harus makan” memiliki perbedaan besar terhadap risiko mengalami sindrom metabolisme, yang berhubungan langsung dalam mengembangkan penyakit diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, dan obesitas.

Jika Anda makan tak teratur, makan kapan pun Anda mau di waktu-waktu yang bahkan tak seharusnya makan, hal ini bisa mengganggu jam internal tubuh yang mengatur proses metabolisme seperti nafsu makan, pencernaan, pemecahan lemak dan lain sebagainya. Anda mungkin tak secara langsung merasakan dampaknya, namun Anda akan sadar ketika tiba-tiba tubuh Anda bertambah berat.

3.  Makan di waktu yang tepat

Masih lanjutan dari poin no.2, kegiatan makan di waktu yang tepat ini juga sangat penting diperhatikan dalam rangka menjaga tubuh fit dan tetap langsing.  Disarankan Anda makan dalam porsi kecil namun dibagi beberapa kali. Tetap hitung jumlah asupan kalori harian, sehingga yang Anda makan tidak berlebihan.

Makan malam, seharusnya tidak dilakukan menjelang tidur. Lebih baik 3-4 jam sebelum tidur, dan idealnya pukul 6 – 7 malam. Di atas jam 9 malam, lebih baik tidak mengonsumsi karbohidrat kompleks demi kesehatan Anda.

4.  Tetap aktif bergerak

Bentuknya bisa bermacam-macam : olahraga, jalan-jalan di pagi hari, bersepeda santai bersama keluarga, berenang, melakukan pekerjaan rumah tangga (apalagi banyak ART yang masih belum kembali dari kampung halaman). Intinya lakukan kegiatan apapun selama badan kita tetap aktif bergerak.  Jangan mager (malas gerak).  Jaminan deh kalau mager, lama kelamaan berat badan akan bertambah tanpa disadari.

5.  Hindari minuman bersoda atau sirup

Gak tahu kenapa, setiap momen lebaran minuman bersoda atau sirup pasti menjadi primadona entah untuk dikonsumsi sendiri ataupun untuk dihidangkan kepada para tamu/saudara yang berkunjung.

Lebih baik hindari minuman bersoda dan sajikan menu minuman berbahan buah segar atau teh. Bahkan lebih bagus lagi : Air Mineral.

Minuman berkarbonasi hanya akan meningkatkan gejala penyakit seperti diabetes, arthritis, kerusakan hati, penyakit jantung bahkan kanker.

Itu lah tips sederhana yang bisa saya share. ¬†Semoga bermanfaat ya ūüôā

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Info : 0812-8446-1997Call