Cari Tahu, Apa itu Branding di Dunia Online dan Kelebihannya

Branding kini menjadi kata yang cukup populer, sehubungan dengan berkembangnya internet marketing.  Apa itu branding? Kalau menyebut kata brand, pasti langsung ingat merk kan ya? Simbol atau nama produk atau perusahaan. Nah, saat ini brand berkembang bukan hanya sekedar merk saja tetapi juga karakter, citra, kredibilitas, kesan atau persepsi.

Cari Tahu, Apa itu Branding di Dunia Online dan Kelebihannya

Pentingkah brand? Pastinya iya. Di sebuah perusahaan, brand berfungsi sebagai corporate identity yang dapat meningkatkan brand image atau citra yang terbentuk dalam benak konsumen sehubungan dengan merek atau produk dari perusahaan.

Sebagaimana brand, yang namanya branding juga perlu. Apa itu brandingPernyataan mengenai siapa (identitas), apa yang dilakukan berkaitan dengan produk/jasa, dan mengapa harus pilih merek tersebut, apa keistimewaannya.

Fungsi branding yaitu untuk menanamkan image atau citra di mata masyarakat atau konsumen. Dikenal sebagai siapa kita menurut mereka. Dan ini akan terbentuk dengan branding. Karena yang diharapkan dengan branding itu sendiri, kita akan diingat dalam waktu lama berkaitan dikenal sebagai siapa atau teringat sebuah merek/brand apa. Selain tentunya tujuan dari branding adalah membentuk persepsi, membangun kepercayaan serta membangun citra terhadap brand.

Apa kelebihan branding? Dengan branding bisa membuat promosi menjadi lebih menarik, bisa jadi pembeda dengan produk lainnya, memberi keyakinan dan kepercayaan lebih mudah, dan bisa mengendalikan pasar.

Apa saja unsur branding? Nama atau merek, logo, penampilan visual, juru bicara jika diperlukan, kata-kata dan slogan.

Ada bermacam-macam jenis branding. Diantaranya adalah personal branding yang saat ini banyak dilakukan oleh para pelaku bisnis online.  Personal branding, memperkenalkan diri mereka kepada masyarakat, tentang apa pekerjaannya, produk apa yang dipromosikannya, kegiatannya apa saja, bagaimana mengerjakan bisnisnya, apa perubahan setelah menggunakan produknya atau mengikuti bisnisnya, apa saja yang bisa di dapatkan.

Membangun personal branding ini tentu saja tidak mudah, perlu waktu, karena ini berkaitan dengan kepercayaan masyarakat. Ketika seseorang tertarik untuk membeli produk atau ingin join dengan bisnisnya pun lebih karena melihat personal brandingnya siapa yang mempromosikannya bukan semata karena produk atau bisnisnya. Karenanya akan lebih baik jika membangun personal branding dengan menggunakan nama asli, bercerita sesuai realita.

Cari Tahu, Apa itu Branding di Dunia Online dan Kelebihannya

Berbicara masalah personal branding, berikut saya share empat langkah menciptakan personal branding yang saya ambil dari web majalah Pesona :

1. Buatlah tagline
Deskripsikan tentang diri Anda dalam satu kalimat yang ‘menjual’ seperti halnya iklan promosi suatu produk di pasaran. Tagline ini akan menjadi acuan brand seperti apa yang ingin Anda bentuk. Seperti Michelle Obama adalah ibu negara yang menjalankan gaya hidup sehat dan cinta karya desainer lokal.

2. Perbanyak ‘soulmate’
Ubahlah fungsi sahabat Anda menjadi soulmate yang diibaratkan konsumen yang setia pada satu brand. Mereka tidak mudah berpaling dan selalu memberi koreksi saat Anda melakukan tindakan yang salah atau sebaliknya siap menjadi pembela saat ada ‘kompetitor’ yang menyerang. Soulmate akan membantu saat Anda jatuh, dan menjadi pengingat (reminder) yang membantu mengevaluasi diri Anda agar tetap berada pada jalur yang benar.

3. Optimalkan akun media sosial

Akun medsos seperti twitter, facebook, LinkedIn, instagram, atau apa pun akun media sosial yang Anda miliki akan merefleksikan diri Anda dan menjadi bagian dari promosi diri yang efektif. Deskripsi pribadi pada akun media sosial Anda juga dilihat orang sebagai citra diri Anda. Resume yang bagus di media sosial (seperti LinkedIn) juga dapat menambah nilai plus brand Anda. Rajinlah mengubah status pribadi Anda yang mmeperkuat brand Anda, misalnya dengan inspiring quotes, mengunggah foto kegiatan positif yang sudah Anda lakukan, seperti ketika menjadi pembicara di sebuah media atau saat mendapat penghargaan atas prestasi Anda.

4. Buatlah website pribadi atau video profile
Dunia digital memberi kesempatan pada kita untuk bisa lebih luas dilihat dunia. Menuangkan pemikiran Anda dalam website atau video profile dapat memperkuat citra diri Anda sebagai brand yang ramah digital, terbuka, dan selalu update dengan gaya hidup terkini.

Semoga bisa menginspirasi kalian dalam menciptakan branding ya khususnya personal branding.  Tapi menurut saya, personal branding itu seyogyanya jangan dilakukan sebagai pencitraan.  Apa yang kita share atau yang berusaha kita bangun harus lah tulus dan benar-benar apa yang menjadi jati diri kita.  Karena apa yang dibangun dengan tulus Insya Allah hasilnya akan lebih optimal dan juga berkah 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Info : 0812-8446-1997Call