Cara Mencairkan Dana Jamsostek Secara Manual di Kantor BPJS Depok Tahun 2017

Saya ingin berbagi pengalaman mengenai cara mencairkan dana jamsostek (sekarang BPJS Ketenagakerjaan) secara manual di kantor BPJS kota Depok.  Mudah-mudahan dengan sharing ini, teman-teman yang memiliki niat untuk melakukan pencairan dana jamsostek secara manual di kantor BPJS Depok, tidak datang berkali-kali sehingga tidak membuang waktu, tenaga dan biaya. Dan jika sudah tahu prosesnya, teman-teman juga tidak akan mengalami antrian panjang yang membuat tenaga terkuras.

Cara mencairkan dana Jamsostek di kantor BPJS Depok
Kantor BPJS Ketenagakerjaan Depok

Kenapa saya lakukan pencairan secara manual? Karena saya beberapa kali mencoba melakukan klaim secara online (e-klaim) tapi selalu gagal.  Lalu saya coba menghubungi nomor Customer Service BPJS sangat sulit. Daripada menunggu tanpa pasti, akhirnya saya putuskan untuk datang langsung ke kantor BPJS.

Lokasi kantor BPJS Ketenagakerjaan Depok mudah sekali dijangkau.  Alamat lengkapnya adalah : Komplek Ruko ITC No. 19-20, Jalan Margonda Raya No. 56, Pancoran MAS, Depok, Pancoran MAS, Kota Depok, Jawa Barat 16431.  Atau mudahnya, jika kalian menggunakan angkot atau ojek online, turun sebelum toko RB Plus Fashion Store.

Pertama kali saya datang adalah hari Jumat sekitar jam 9 pagi. Antrian sudah mengular dan orang-orang sudah banyak bertebaran di sekitar area kantor BPJS.  Saya langsung menuju ke security untuk menanyakan prosedur nya.  Menurut beliau, kantor BPJS buka mulai pukul 8 pagi dengan jam operasional Senin – Jumat dan khusus pengambilan nomor antrian adalah dari jam 8 sampai maksimal 10 pagi.  Setiap hari nya, kantor BPJS hanya melayani 150 nomor antrian.  Jadi, jika sebelum jam 10 sudah ada 150 nomor antrian maka pelayanan penerimaan klaim langsung ditutup.

Cara mencairkan dana Jamsostek di kantor BPJS Depok
Antrian di BPJS Ketenagakerjaan Depok (1)
Cara mencairkan dana Jamsostek di kantor BPJS Depok
Antrian di BPJS Ketenagakerjaan Depok (2)

Selain masalah nomor antrian, saya capture persyaratan pencairan Jamsostek yang ditempel di dinding kantor sebagai berikut :

Cara Mencairkan Dana Jamsostek Secara Manual di Kantor BPJS Depok
Dokumen Persyaratan Pencairan Jamsostek (BPJS Ketenagakerjaan)

Jadi, dokumen yang WAJIB dipersiapkan ketika akan mencairkan dana Jamsostek (BPJS Ketenagakerjaan) adalah :

  1.  Foto copy KTP yang masih berlaku
  2.  Foto copy Kartu Jamsostek / BPJS Ketenagakerjaan
  3.  Foto copy Paklaring / Pengalaman Kerja / Referensi Kerja
  4.  Foto copy Kartu Keluarga (KK) –> harap dipastikan di dokumen KK sudah tertera tanda tangan kepala keluarga.  Karena jika tidak/belum ada tanda tangan kepala keluarga maka petugas BPJS akan menolak dokumen dan meminta kita pulang agar melengkapi KK tersebut.
  5.  Foto copy buku tabungan atas nama sendiri –> semua bank dapat diterima dengan syarat HARUS atas nama sendiri.  Tidak boleh menggunakan rekening suami / istri atau pihak keluarga.

Catatan :

  • Selain foto copy, dokumen asli HARUS dibawa pada saat pencairan untuk ditunjukkan kepada petugas BPJS.
  • Bagi pekerja yang berhenti bekerja per September 2015 maka WAJIB juga melampirkan dokumen Surat Pemberitahuan Pengunduran Diri Karyawan yang dibuat oleh HRD perusahaan yang ditujukan kepada Dinas Ketenagakerjaan wilayah setempat dan ditembuskan kepada BPJS Ketenagakerjaan.  Hal ini sesuai dengan Peraturan BPJS Ketenagakerjaan No. 7 Tahun 2015 Pasal 4 ayat 3 dan 4.  Berikut contoh suratnya:
Cara Mencairkan Dana Jamsostek Secara Manual di Kantor BPJS Depok
Contoh Surat Pemberitahuan Pengunduran Diri Karyawan yang ditujukan kepada Dinas Ketenagakerjaan
  • Sebelum datang ke kantor BPJS, kalian harus memastikan mengenai status kepesertaan yang ada pada data BPJS apakah masih aktif atau sudah non-aktif.  Karena jika data di BPJS masih aktif maka kalian akan diminta untuk pulang lagi dan menunggu sampai status kepesertaan menjadi non-aktif.  Untuk mengecek status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dapat dilakukan dengan cara diantaranya : 1) meminta bantuan melalui HRD perusahaan; atau 2) melalui layanan sms 2757, dengan detail seperti di bawah ini :
Cara Mencairkan Dana Jamsostek Secara Manual di Kantor BPJS Depok
Cara Cek Saldo JHT & Cek Status Kepesertaan via SMS 2757
  • Untuk dana jamsostek kurang dari Rp 2 juta, akan diberikan secara tunai.  Dan di atas Rp 2 juta, dana akan ditransfer ke rekening pribadi peserta.

Setelah semua berkas telah lengkap, saya sarankan teman-teman tiba di kantor BPJS Depok pagi sekitar jam 7an atau maksimal 7.30 agar tidak masuk dalam antrian paling belakang.  Jika lewat jam 7.30, antrian sudah mengular.

Menjelang jam 8 pagi, Bpk. Chandra dari BPJS Depok akan membuka pembicaraan dengan memberikan informasi detail perihal pencairan BPJS Ketenagakerjaan (Jamsostek).  Biasanya, setelah Pak Chandra memberikan arahan, secara alamiah, ada beberapa peserta yang “gugur” memilih mundur karena persyaratan belum lengkap 🙂

Setelah itu, masih dalam antrian, akan ada bantuan dari tim internal BPJS (biasanya dibantu oleh Bpk. Dede) untuk mengecek kelengkapan dokumen yang teman-teman bawa.  Jika sudah ok, maka disuruh menunggu untuk menulis absen dan nomor HP.  Namun jika tidak lengkap maka peserta yang sudah antri akan mundur teratur.

Setelah mengisi absen, kemudian kita akan diberikan 3 buah form untuk diisi sendiri, yaitu : 1) Form Pengajuan Pembayaran Hari Tua; 2) Surat Pernyataan di atas materai; 3) Surat Permohonan.  Contoh form nya adalah sbb :

Cara Mencairkan Dana Jamsostek Secara Manual di Kantor BPJS Depok
form pengajuan pembayaran jht
Cara Mencairkan Dana Jamsostek Secara Manual di Kantor BPJS Depok
form Surat Pernyataan
Cara Mencairkan Dana Jamsostek di kantor BPJS Depok
form Surat Permohonan

Catatan :

  • Sangat disarankan teman-teman membawa pulpen sendiri agar pengisian form selesai dengan cepat.
  • Jika kalian tidak membawa materai, di meja security dijual materai dengan harga Rp 8000 / pcs.
  • Jika pencairan dilakukan di kantor BPJS Depok maka kita WAJIB ikut program BPJS Bagi Pekerja BPU (Bukan Penerima Upah).  Untuk iurannya dapat dipilih antara 2 : 1) Rp 110.000 –> untuk masa kepesertaan 3 bulan untuk meng-cover Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JK) dan Jaminan Hari Tua (JHT, dimana nilai ini disetor langsung dari pencairan dana JHT; atau 2) Rp 50.400 –> untuk masa kepesertaan 3 bulan untuk meng-cover JKK dan JK, dimana nilai ini disetor langsung dari pencairan dana JHT.

Setelah 3 form diisi lengkap kemudian form diverifikasi oleh petugas BPJS yang ada di luar (biasanya dengan Pak Chandra).  Petugas kemudian akan membubuhi tanda tangan pada form Surat Permohonan jika kita sudah mengisi dengan benar.  Setelah itu, semua berkas yang sudah lengkap tersebut diserahkan kepada security dan kita diminta lagi untuk mengantri sampai security menyebutkan nama kita.

Terakhir, setelah nama kita dipanggil barulah kita boleh memasuki ruangan ber-AC yang ada di dalam.  Akan terasa sangat sejuk ketika berada di dalam setelah beberapa jam antri di luar dengan terpaan panas yang lumayan menyengat tanpa ada penutup apapun di atasnya 🙂

Setelah di dalam kita masih harus antri lagi. Pertama kita antri untuk verifikasi data secara sistem.  Jika proses verifikasi data dinyatakan sesuai maka dilanjutkan proses antrian terakhir yaitu antrian penerimaan uang bagi yang dana Jamsosteknya kurang dari Rp 2 juta.  Namun untuk penerima dana lebih dari Rp 2 juta, setelah verifikasi data dan dinyatakan sesuai maka peserta diperbolehkan pulang dan tinggal menunggu dana ditransfer ke rekening dalam hitungan hari.

Demikian yang bisa saya sharing.  Semoga bisa membantu teman-teman yang ingin melakukan pencairan dana Jamsostek 🙂

 

157 thoughts on “Cara Mencairkan Dana Jamsostek Secara Manual di Kantor BPJS Depok Tahun 2017

  • May 29, 2017 at 8:16 pm
    Permalink

    Mau Tanya dong ka, jadi prosesnya Itu langsung ya, bukan seperti tahun 2015, yang dipanggil 3 bulan lagi..

    TerimaKasih

    Reply
    • May 29, 2017 at 9:52 pm
      Permalink

      Iya langsung mba, proses pencairan mudah kok selama semua dokumen sdh disiapkan tinggal dtng ke kantor jamsostek terdekat. Untuk jamsostek di bawah 2juta akan langsung diberikan secara tunai pada hari itu juga. Di atas 2juta akan ditrnsfer ke rekening dlm waktu kurleb 1 mingguan. Semoga membantu ya mba 🙂

      Reply
      • June 10, 2017 at 9:02 pm
        Permalink

        Pagi mba.. Mau tanya saya ngecheck bpjs ketenaga kerjaan lwt aplikasi knapa tidak sesuai yah..
        Padahal saya sudah mencantumkan sesuai dngan nomer ktp saya, tetapi tidak bisa dan ada tulisan tanggal lahir anda tidak sesuai.. .
        Coba saya minta tolong sama mba..
        Tolong di cek apakah tanggal lahir saya sesuai atau tidaknya mba..
        Mihon bantuannya yah mba..
        Terima kasih.

        Reply
        • June 10, 2017 at 10:43 pm
          Permalink

          Mas coba langsung telp ke CS nya jamsostek ya 🙂

          Reply
          • June 10, 2017 at 10:55 pm
            Permalink

            Saya pikir mba yang tahu..

          • June 11, 2017 at 6:28 am
            Permalink

            Saya bukan orang jamsostek mas jd yg sy tahu jg terbatas 🙂 maaf ya tdk bisa membantu 🙏🏻

        • November 5, 2017 at 9:43 am
          Permalink

          Setau saya itu bisa dirubah langsung ke pihak BPJS ketenagakerjaan nya .. pada saat pembuatan BPJS ketenagakerjaan awal nya perusahaan mba dimana , karena pengalaman saya di aplikasi itu memang ada jg tidak sesuai seperti data nama ibu kandung dan nama saya pun ada kesalahan , pada akhirnya saya refisi nama bisa koq , yg penting bawa KTP , atau akte asli semua bisa diubah sesuai mba tgl lahirnya.. kadang aplikasi pun tdk sinkron sebaiknya coba cek dtg kantor BPJS ketenagakerjaan ya.. itu Solusi dr saya . Semoga bisa bermanfaat bagi mba dan semuanya ..

          Reply
          • November 11, 2017 at 6:32 am
            Permalink

            terima kasih atas informasi nya mba deby 🙂

  • May 30, 2017 at 11:50 pm
    Permalink

    Surat pemberitahuan itu harus pake cap dari pemerintah setempat atau ga usah????

    Reply
    • May 31, 2017 at 12:38 am
      Permalink

      Surat pemberitahuan dikeluarkan oleh hrd perusahaan yg ditujukan kepada bpjs jd cap dan ttd hanya dr hrd perusahaan

      Reply
  • June 6, 2017 at 4:07 am
    Permalink

    Mau tanya dong mbak .. Kalo jht di bwah 2jt di byar tunai apa syarat nya harus pke buku tabungan jga??

    Reply
    • June 6, 2017 at 4:58 am
      Permalink

      Harusnya iya krn akan dicocokkan data nomor rekening dgn buku tabungannya

      Reply
  • June 6, 2017 at 4:53 am
    Permalink

    Mau tanya mbak ..
    Kn klo dana di bwah 2jt di byar tunai apa syarat nya harus pke bku tabungan jga ??

    Terima kasih.

    Reply
  • June 7, 2017 at 2:19 am
    Permalink

    Mo tx mbak kalo tanggal lahirx gk sesuai ama ktp gmn mbak,trus status kpesertaan dperusahaan yg lama udah gk aktif bs dcairkn gk mkasih

    Reply
    • June 8, 2017 at 8:06 am
      Permalink

      Utk tgl lahir yg gak sesuai mgkn bisa ditanyakan ke CS nya jamsostek. Smntr utk pencairan jamsostek memang status kepsertaannya harus sudah tidak aktif. Kl msh aktif malah ga bisa cair mba 🙂

      Reply
  • June 13, 2017 at 5:34 am
    Permalink

    Mba saya mau tanya kan yang saldonya d atas 2jt hrus pkai no rekening ga bsa tunai kbtulan saya tdak punya no rekening gmna ya mbak

    Reply
    • June 13, 2017 at 6:48 am
      Permalink

      Persyaratannya harus ada rekening bu jd lebih baik ibu buka rekening dl aja. Mudah kok utk mbuka rekening di bank 🙂

      Reply
  • June 16, 2017 at 1:44 pm
    Permalink

    mbk untuk hari sabtu buka tdk ya?

    Reply
    • June 16, 2017 at 9:18 pm
      Permalink

      Tutup mas. Pelayanan cuma senin sampai jumat

      Reply
  • June 18, 2017 at 1:14 pm
    Permalink

    Hai mbak, mau nanya juga ya.

    “Bagi pekerja yang berhenti bekerja per September 2015 maka WAJIB juga melampirkan dokumen Surat Pemberitahuan Pengunduran Diri Karyawan yang dibuat oleh HRD perusahaan yang ditujukan kepada Dinas Ketenagakerjaan wilayah setempat dan ditembuskan kepada BPJS Ketenagakerjaan. Hal ini sesuai dengan Peraturan BPJS Ketenagakerjaan No. 7 Tahun 2015 Pasal 4 ayat 3 dan 4. ”

    Merujuk ke point di atas, kalo berhenti kerjanya setelah Sept 2015, berarti gak perlu bawa surat ke disnaker dong ya? Betul gitu kah?

    Reply
    • June 18, 2017 at 2:12 pm
      Permalink

      Tidak betul mba. Kalimat yg saya tulis pada paragraf di atas perlu sy pertegas bahwa “bagi pekerja yg bhenti bekerja per Sept 2015 dan seterusnya …. “. Artinya, jika karyawan bhenti mulai dari sept 2015 sampai dgn periode skrng maka ada tambahan surat yg hrs dilampirkan untuk pencairan jamsostek yaitu surat pberitahuan pengunduran diri yg dibuat HRD dan ditujukan ke Disnaker wilayah setempat. Mba tdk perlu dtng ke Disnaker utk mnt tanda tangan tp cukup mnt surat tsbt dari HRD perusahaan tmpt mba bkerja sblmnya. Mudah kok 🙂 Semoga mbantu ya

      Reply
      • June 18, 2017 at 10:57 pm
        Permalink

        Oh saya salah mengerti, oke mba terima kasih banyak utk infonya.

        Reply
        • June 19, 2017 at 1:06 am
          Permalink

          Sama2 mba 🙂

          Reply
      • July 26, 2017 at 2:34 pm
        Permalink

        Mau tanya mba, Surat pemberitahuan pengunduran diri kan dibuat oleh HRD ditujukan ke disnaker wilayah kantor sebelumnya. Surat tsb dikirim oleh HRD ke disnaker lalu tunggu surat balasannya, atau kita bawa surat tsb saat ingin mencairkan jamsostek?

        Reply
        • July 26, 2017 at 7:32 pm
          Permalink

          Tidak perlu menunggu surat balasan mba. Bawa saja surat dr hrd tsbt, sudah cukup kok 🙂

          Reply
          • November 6, 2017 at 2:08 pm
            Permalink

            mbak, mau tanya, tidak perlu cap basah daridepnakertrans ya?

          • November 11, 2017 at 6:33 am
            Permalink

            surat yang ke disnaker dikeluarkan oleh HRD perusahaan dan tidak perlu ada cap basah dari disnaker

  • July 3, 2017 at 2:39 pm
    Permalink

    kalo nama di jamsostek kk beda dengan yg ada di ktp paklaring gimana mba? beda satu huruf doang sih yg harusnya Y tapi di kk sama jamsosteknya make I.

    Reply
    • July 3, 2017 at 11:22 pm
      Permalink

      Harusnya sih gapapa pak 🙂

      Reply
  • July 5, 2017 at 12:05 pm
    Permalink

    Mau tanya gan kalau paklaring/pengalaman kerja itu sama atau gimana ?

    Reply
      • August 23, 2017 at 5:38 pm
        Permalink

        Mau tanya ka, kalo cuma dapet paklaring kerja aja cukup atau ngga? Soalnya saya hanya dapet paklaring aja, saya resign tgl 21 juni 2017

        Reply
  • July 5, 2017 at 4:36 pm
    Permalink

    Mau tanya ka kalo cairin BPJS itu waktunya berapa hari setelah di nonaktifkan ya biar bisa cair?

    Reply
    • July 5, 2017 at 9:48 pm
      Permalink

      Hitungannya bukan dari masa non aktif ya mba. Hitungannya dimulai dari saat kita memproses pencairan ke kantor bpjs atw melalui online. Kalau kita proses pencairan ke kantor bpjs terdekat hari ini dan saldo bpjs nya di bawah 2 juta maka uangnya akan diberikan secara cash hari itu juga. Tapi kalau saldo lebih dari 2 juta maka akan ditrnsfer ke rekening. Waktu trnsfernya ga sampai 10hari biasanya sdh masuk uangnya

      Reply
  • July 6, 2017 at 3:33 am
    Permalink

    Kenapa ya saldo akhir saya tidak sesuai hitungannya kurang dari 1 jt, padahal saya bekerja dari nov 2014- mei 2017. Dan itupun tiap bulan saya dipotong gajinya

    Reply
    • July 6, 2017 at 3:54 am
      Permalink

      Wah kalo masalah saldo mgkn bisa ditanyakan detailnya ke bagian HRD mba. Pasti HRD lbh paham mslh pemotongan gaji utk jamsostek 😊🙏🏻

      Reply
  • July 10, 2017 at 6:45 am
    Permalink

    Mbak aku mau tanya , aku punya 2 kartu jamsostek , yg 1 sudah non aktif. Itu bisa dicairkan kan ya? Walau saya sudah punya yg baru? Dan kalo resign thn 2010, berarti tidak perlu surat dari Disnaker ya? Mksh infonya ya mbak.

    Reply
    • July 10, 2017 at 7:15 am
      Permalink

      Kalau mba masih aktif bekerja, jamsostek yg lama ngga bisa cair mba. Jamsostek akn bisa cair apbl jamsostek kita ga ada yg aktif.
      Resign thn 2010 tdk perlu surat dari Disnaker cukup paklaring saja.

      Reply
  • July 13, 2017 at 10:19 am
    Permalink

    Halo mba, bermanfaat sekali blognya untuk saya yang bingung mau cairin dana di cabang Depok. mba saya masih bingung, bisa tolong jelaskan bagian ini?

    Jika pencairan dilakukan di kantor BPJS Depok maka kita WAJIB ikut program BPJS Bagi Pekerja BPU (Bukan Penerima Upah). Untuk iurannya dapat dipilih antara 2 : 1) Rp 110.000 –> untuk masa kepesertaan 3 bulan untuk meng-cover Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JK) dan Jaminan Hari Tua (JHT, dimana nilai ini disetor langsung dari pencairan dana JHT; atau 2) Rp 50.400 –> untuk masa kepesertaan 3 bulan untuk meng-cover JKK dan JK, dimana nilai ini disetor langsung dari pencairan dana JHT.

    terima kasih

    Reply
    • July 13, 2017 at 10:29 am
      Permalink

      Terima kasih mba debby ats apresiasinya 🙂
      Tentang yg mba tanyakan, khusus di kantor bpjs depok (saya ngga tau kl di kantor lain), ketika kita isi salah satu form pencairan, kita diharuskan utk ikut bpjs pekerja bpu. Uangnya diambil dr uang jamsostek yg ingin kita cairkan.
      Kalau mba ingin pjelasan yg lbh detail, mba bisa tlp CS bpjs lgsg 🙂
      Semoga membantu ya mba 😊

      Reply
      • July 14, 2017 at 2:55 am
        Permalink

        Wah iyaaa mba, saya ngerti skrg maksud harus ikut bpjs bpu itu karna skrg saya masih antri di luar nih belum kebagian yang dingin2 hehe. Saldo saya kan kurang dari 2juta, nanti didalam langsung cash kan yaa mba?

        Reply
        • July 14, 2017 at 5:45 am
          Permalink

          Oooo mba debby lg ngurus bpjs di depok ya? Gimana mba pengalaman ngurusnya? Mudah kan? Intinya selama semua persyaratan lengkap pasti mudah ya mba.
          Untuk saldo di bawah 2juta mba bisa langsung bawa pulang uangnya secara cash.
          Semoga artikel yg saya posting bermanfaat ya mba. Have a nice day mba 😊

          Reply
  • July 18, 2017 at 7:16 am
    Permalink

    Haii mba…
    Makasih infonya bermanfaat sekali.

    Tp saya masih bingung mba. surat yg di tujukan ke dinas ketenagakerjaan itu, berarti kita ga harus ke dinas nya buat legalisir yaa mba? Cukup stempel perusahaan dan ttd hrd aja?
    Atau kita tetep harus dtg ke dinas ketenagakerjaannya mba?

    Reply
    • July 18, 2017 at 7:19 am
      Permalink

      Ngga perlu datang ke disnaker kok mba. Mba cukup meminta suratnya ke HRD di perusahaan mba 😊

      Reply
      • July 18, 2017 at 7:21 am
        Permalink

        Baik, terima kasih sekali infonya mba. 😊

        Reply
        • July 18, 2017 at 7:21 am
          Permalink

          Sama2 Mba Mala 😊

          Reply
  • July 21, 2017 at 7:41 am
    Permalink

    Mau tanya mba…Kalo paklaringnya harus di stempel disnaker wilayah perusahaan setempat ga yah?

    Reply
    • July 21, 2017 at 12:53 pm
      Permalink

      Sudah dijawab via wa ya mba 😊

      Reply
  • July 24, 2017 at 1:49 am
    Permalink

    maaf mba mau tanya klo kartu bpjsnya hilang syaratnya apa yah?surat kehilangan dr polisi aj atau ad yg lain?

    Reply
    • July 24, 2017 at 5:35 am
      Permalink

      Setahu saya cuma surat kehilangan dari kepolisian mba

      Reply
  • July 25, 2017 at 5:43 am
    Permalink

    Kmrn saya baru aja dari BPJS..ternyata yg lgsg dicairkan itu kurang dari 500rb, diatas itu di transfer rekening, org CS nya blg dlm 2 minggu.. lama juga,

    Apakah yg kurang dr 2jt itu di BPJS cabang lain?kebetulan saya di BPJS margonda ITC Depok jg.

    Reply
    • July 25, 2017 at 10:58 am
      Permalink

      Sy juga di cabang itc depok pak sekitar bulan maret 2017. Pada saat itu dgn jelas bapak yg memberikan arahan sblm kita masuk menginformasikan bahwa nilai di bawah 2 juta akan diberikan langsung. Kl utk trnsfer memang secara normal/secara prosedur adalah 2 minggu. Tp pengalaman sy dan bbrp teman realisasinya tdk sampai 2 minggu, kl tdk salah pengalam sy kmrn sekitar 1 minggu sdh ditrnsfer.

      Reply
  • July 26, 2017 at 10:18 am
    Permalink

    Duuuhhh kok takutt yaaa ngebayangin’a… Padahal mau ambil uang hasil keringet sendiriii…..

    Reply
    • July 26, 2017 at 10:31 am
      Permalink

      Takut kenapa mba?

      Reply
  • July 26, 2017 at 2:35 pm
    Permalink

    Mau tanya mba, Surat pemberitahuan pengunduran diri kan dibuat oleh HRD ditujukan ke disnaker wilayah kantor sebelumnya. Surat tsb dikirim oleh HRD ke disnaker lalu tunggu surat balasannya, atau kita bawa surat tsb saat ingin mencairkan jamsostek?

    Reply
  • July 30, 2017 at 7:41 am
    Permalink

    Siang, saya ngin bertnya
    Untuk hari ini saya berhenti bekerja n apakah saya harus nnggu 3 bln kmdian tu ble cairkan bpjs?
    Kedua bila surat ket. Pengunduran diri dari HRD saya keluarkan hari ini tgl 30 july 2017, setahun kemudian bila saya baru cairkan bpjs dqn menggunakan surat ket. Pengunduran diri dari hrd yq tahun lalu, mci bz gx y??

    Trima’s merespon

    Reply
    • July 30, 2017 at 7:47 am
      Permalink

      Kesalahan dlm mengetik..
      Bukan bpjs tapi “jamsostek”

      Reply
  • July 31, 2017 at 6:42 am
    Permalink

    Mba saya msih bingung
    Saya kn risain fgk 15 juni 2015 saya mau cairin sekarang trua mesti ad surat dri hrd ke disnaker ga mba?? Ap cukup pakalring aja
    Kta mba mesti paklaring aja ga usah surat tembusan ke disnaker?
    Emangnya mb tau dari mana?? Di tulis emang mb di kantor bpjsnya??
    Mohon dibantu ya mba terimakasih

    Reply
    • July 31, 2017 at 6:48 am
      Permalink

      Mba yuli, aturan ttg adanya surat dr hrd ke disnaker berlaku bagi pekerja yg resign per sept 2015 smp sekarang. Jd kl mba resign bulan juni 2015 berarti cukup surat paklaring saja. Aturan ini ada di aturan jamsostek. Coba tolong lihat lagi artikel sy di atas utk detail nomer peraturannya. Semoga mbantu ya 😊🙏🏻

      Reply
      • July 31, 2017 at 6:56 am
        Permalink

        Terimakasih ya mba atas infonya..soalnya saya mau urusin nanti bawa anak saya msih kecil..kasihan klo bolak balik klo takut ax yg kurang..
        Jadi saya bawa paklaringnya aja ya mba ga usah minta surat dri hrd lagi?

        Reply
        • July 31, 2017 at 10:36 am
          Permalink

          Iya mba selama aturan belum dirubah berarti masih mengikuti yg lama.

          Reply
  • August 1, 2017 at 6:46 am
    Permalink

    Gan apa pkwt itu perlu ya..???soalnya aq kemarin mau nyairin disuruh pulang soalnya pkwtnya gak ad

    Reply
    • August 1, 2017 at 12:08 pm
      Permalink

      Waktu sy ngurus di bpjs depok gak ada menyinggung ttg pkwt ya. Mas agung ngurus di kantor mana ya? Mgkn aturan tiap kantor beda kali ya

      Reply
  • August 1, 2017 at 11:34 am
    Permalink

    Mau tanya klw e KTP nya blm jd boleh ga pke ktp sementara yg dikasih capil

    Reply
    • August 1, 2017 at 12:09 pm
      Permalink

      Harusnya sih bisa ya mba. Utk lbh pasti coba mba tanyakan di kantor bpjs atw ke customer service ya 😊

      Reply
  • August 2, 2017 at 5:49 pm
    Permalink

    Maaf mau nanya, surat pengunduran diri dari perusahaan untuk disnakernya itu apa perlu diligalisir ditandatangani Ama pihak Disnaker apa gak perlu ya?
    Soalnya kantor disnakernya jauh

    Reply
    • August 3, 2017 at 1:21 am
      Permalink

      Ngga perlu mba. Cukup tanda tangan HRD saja

      Reply
  • August 4, 2017 at 11:47 am
    Permalink

    Mau tanya mba. Wkt itu dana bpks mba yg masuk rekening pada hari keberapa? Soalnya sy skrg lg tunggu transferannya sj stlh klaim di tanggal 1 agt kmrn. Kira2 ada pemberitahuan dana sudah di tranfser atau tidak?

    Reply
    • August 4, 2017 at 4:58 pm
      Permalink

      Kl pengalaman saya masuk dananya sekitar 5 atau 6 hari. Kl dr bpjs nya tdk ada info kl dana sdh masuk. Kbtln saya pake sms banking jd kalau ada mutasi rekening otomatis lgsg ada sms ke hp sy 🙂

      Reply
  • August 7, 2017 at 9:20 am
    Permalink

    Hai mba, sy mo tanya. Sy resign okt 2013. Jd nanti k bpjs sy tidak WAJIB bawa surat pengunduran diri dr hrd k disnaker? Apakah masud surat pengunduran diri sama dg surat sparkaling atau referensi kerja?

    Reply
    • August 9, 2017 at 3:29 am
      Permalink

      Betul mba/mas, kalau resign okt 2013 berarti cukup membawa paklaring/surat keterangan kerja dari perusahaan

      Reply
      • September 14, 2017 at 4:53 pm
        Permalink

        Mbak apakah surat pengunduran diri sama dengan paklaring.?

        Reply
        • September 14, 2017 at 10:15 pm
          Permalink

          Paklaring itu adlh surat keterangan kerja yg dikeluarkan olh perusahaan kpd karyawan yg sdh berhenti bekerja. Sementara surat pengunduran diri adlh surat yg dibuat olh karyawan ketika mengajukan pengunduran diri. Jadi artinya beda. Dokumen yg dibutuhkan utk pencairan bpjstk adlh paklaring.

          Reply
    • August 9, 2017 at 3:29 am
      Permalink

      Terima kasih pak

      Reply
  • August 8, 2017 at 3:55 am
    Permalink

    nomor npk itu apa ya min??

    Reply
    • August 9, 2017 at 3:30 am
      Permalink

      NPK? Apa ya? Saya juga ngga tahu 😁

      Reply
  • August 9, 2017 at 4:02 pm
    Permalink

    mbak mau tanya kalo statusnya masih aktif tapi kita sudah resign apakah bisa langsung ke kantor bpjs untuk di non aktifkan d kantor bpjs nya

    Reply
    • August 10, 2017 at 12:10 am
      Permalink

      Ngga bisa mba. Harus tunggu sampe statusnya non aktif. Utk proses non aktif setahu saya secara sistem jadi gak bisa kita datang ke kantor bpjs utk minta non aktif. Jd ditunggu aja dl. Memang agak lama mba. Waktu saya aja bisa memakan waktu sekitar 1,5 – 2 bulan.

      Reply
  • August 9, 2017 at 4:55 pm
    Permalink

    Misi kak mau tanya, sy kan punya 2 kartu bpjs jht. sy br saja resign sekitar 2 mingguan . Sy cek untuk bpjs jht yg dari perusahaan lama udh non aktif kalo yg perusahan terakir masih aktif. Kan di ulasan diatas kalo status bpjs masih aktif gak bisa hrs nunggu sampai non aktif sekitar sebulan. Kalo sy mau klaim cairkan bpjs yg lama gmn? Bisa nggak mba? Yg sudah nonaktif meski blm ada sebulan reaign .Trimakasih sebelumnya

    Reply
    • August 10, 2017 at 12:12 am
      Permalink

      Ngga bisa mas. Semuanya harus benar2 non aktif. Sy juga punya pengalaman yg sama. Bpjs di kantor lama sdh gak aktif sekitar 1thn tp bpjs di kantor baru masih aktif. Ketika sy dtng ke kantor bpjs utk mencairkan yg lama tidak bisa diproses disuruh menunggu status bpjs di kantor yg baru non aktif

      Reply
      • August 10, 2017 at 1:01 am
        Permalink

        O begitu ya mba, soalnya takut bolak balik mba, trimakasi mba 🙂

        Reply
        • August 10, 2017 at 1:45 am
          Permalink

          Sama2 mas aji 😊

          Reply
          • August 11, 2017 at 7:46 am
            Permalink

            Mb saya mau tanya tgl masa kerja saya di paklarin benar cuma di surat yg di tuju ke disnaker itu beda tanggal masa kerjanya itu bisa gk ya mba untuk klaim tht ?

          • August 11, 2017 at 7:52 am
            Permalink

            Kenapa bisa beda mas? Sy gak tau pasti deh tapi sy sarankan supaya sama mas karena khawatir akan menjadi masalah

          • August 11, 2017 at 7:49 am
            Permalink

            Mba mau nanya , surat paklarin saya kan tertera tgl masa kerja saya nah tgl yg di paklain benar tp tanggal yg surat keterangan ke disnaker itu beda tgl masa kerjanya sama paklarin hrd saya salah ketik itu gimana mba kira” ?

  • August 20, 2017 at 1:34 pm
    Permalink

    Mba saya mau nanya deh pas e-klaim online kenapa saya tidak memenuhi syarat ya padahal e-kalim online dokumen saya sudah lengkap dan sudah nonaktif buat cabang depok , kira” mba begitu gk kaya saya ?

    Reply
    • August 20, 2017 at 3:08 pm
      Permalink

      Maaf mas aziz sy mengajukan pencairannya secara manual dgn dtng lgsg ke kantor jadi tidak secara online. Mhn maaf blm bisa mbantu mjawab pertanyaannya 🙏🏻

      Reply
  • August 23, 2017 at 5:41 pm
    Permalink

    Mau tanya ka, saya cuma dapet paklaring dari perusahaan, ga dpt untuk surat yg depnaker, saya resign tgl 21 juni, itu apa saya harus minta ke hrd lagi?

    Reply
    • August 24, 2017 at 3:49 am
      Permalink

      Minta ke HRD surat keterangan dr perusahaan ke disnaker mba. Krn kalau tdk ada surat itu bpjs nya tdk bisa diproses

      Reply
  • August 25, 2017 at 1:29 am
    Permalink

    Pagi mba.. Mau tny nih klo pendaftaran awal bpjstk kan di jkt selatan, tpi mau cairkan dana nya di Depok, trus untuk ke disnaker nya hrs sesuai alamat kantor dulu atau bisa di cabang disnaker dekat tmpat tinggal ya mba?

    Reply
    • October 11, 2017 at 4:39 am
      Permalink

      Mba maaf mau tanya klo rek nya punya suami itu gpp

      Reply
      • November 2, 2017 at 4:12 am
        Permalink

        maaf ya mba laptop saya rusak jadi saya baru sempat balas2 pertanyaan hari ini. Untuk rekening tabungan HARUS milik pribadi yang mencairkan, tidak boleh melalui rekening orang lain walaupun milik ortu atau suami

        Reply
  • August 25, 2017 at 1:30 am
    Permalink

    Pagi mba.. Mau tny nih klo pendaftaran awal bpjstk kan di jkt selatan, tpi mau cairkan dana nya di Depok, trus untuk ke disnaker nya hrs sesuai alamat kantor dulu atau bisa di cabang disnaker dekat tmpat tinggal ya mba?

    Reply
    • August 25, 2017 at 2:00 pm
      Permalink

      Surat ke disnaker kan yg buat HRD mba jd serahkan saja sm HRD nya 😊

      Reply
      • September 17, 2017 at 1:44 pm
        Permalink

        Slmt malam mba,,saya prnh pny kartu jht dari perusahaan a thun 2011 kemudian sy resign dan sy krj lagi diperusahaan b resign 2017 sewaktu di perusahaan b sy meneruskan data kartu jht yg dulu di perusahaan a pada perusahaan b tnp membuat kartu yg baru,apakah paklaring yg sya butuhkan hrs dari kedua perusahaan saya atau perusahaan trakhir utk pencairan jht saya

        Thanks sebelumnya

        Reply
        • September 17, 2017 at 2:05 pm
          Permalink

          Saran saya disiapkan 2 2 nya mba

          Reply
  • August 26, 2017 at 7:10 am
    Permalink

    mba mau tanya, kl mau urus kartu jamsostek yang hilang.. prosedurnya sperti apa ya.. kpsertaan saya sndiri statusnya sudah non aktif.. mohon infonya..

    Reply
    • August 26, 2017 at 5:30 pm
      Permalink

      Setahu saya harus menyertakan surat keterangan dr kepolisian pak. Tp utk lbh tepatnya silakan ditanyakan lgsg ke CS bpjstk pak 🙏🏻

      Reply
  • August 27, 2017 at 2:54 pm
    Permalink

    Mba mau tanya SYa mau mencairkn BPJS istri tp paklaring ny hilang gara2.kbnjirn d kontrakan ny.klu mnta surt kterngn k polisian bisa d proses g y mba.

    Reply
    • August 27, 2017 at 3:10 pm
      Permalink

      Paklaring coba aja diminta lagi ke HRD pak. Mereka pasti masih punya file nya.

      Reply
  • August 29, 2017 at 10:33 am
    Permalink

    Mba saya mau nanya saya kan mencairkan saldo jht hari jumat dan selasa hari ini saya cek saldo di aplikasi jht saya sudah 0 , ok saya langsung ke atm dan saya cek saldo ternyata saldo yg di tf bpjs kurang 1 jtan mba padahal harusnya 3,2 di tf cuma 2,1 itu bagaimana ya mba apa bertahap pencairannya ?

    Reply
    • August 29, 2017 at 10:46 am
      Permalink

      Wah kok bisa ya pak? Mohon maaf saya tdk tau kl masalah kekurangan transfer. Bpk bisa langsung tanyakan ke customer service bpjstk ya 🙏🏻

      Reply
  • September 3, 2017 at 1:21 pm
    Permalink

    Mba mau tanya. Sy kan punya 2 kartu bpjs jht . Dua duanya udh non aktif. Sy mau kalim 2 2 nya sekaligus bisa nggak ya? Trimakasih

    Reply
    • September 4, 2017 at 9:04 am
      Permalink

      Bisa pak selama semua sudah tdk aktif

      Reply
  • September 5, 2017 at 6:45 pm
    Permalink

    Mbak saya mau tanya saya punya 2 kartu bpjs yg sudah tidak aktif…saya ingin mencairkan k2 nya..apakah prrsyratan nya harus double karena 2 kartu…untuk formnya pun harus 2 terima kasih

    Reply
    • September 6, 2017 at 1:04 am
      Permalink

      Sepertinya begitu deh mas. Mhn maaf sy ga bisa kasih jawaban pasti krn sy blm pernah coba 🙏🏻

      Reply
  • September 5, 2017 at 6:47 pm
    Permalink

    Oh iya satu lagi mbak saya ada masalh dgn data ktp dan kk…ktp sudah elektronik tapi alamat lama, sedangkan kk saya pakai alamat baru apakah bermsalah nantinya pada pengajuan klaim

    Reply
    • September 6, 2017 at 1:11 am
      Permalink

      Harusnya tidak ya mas tp utk lbh pastinya lbh baik ditanyakan lgsg ke kantor bpjs atw melalui customer service bpjstk 🙏🏻

      Reply
  • September 6, 2017 at 5:28 am
    Permalink

    Kak saya mau tanya ditempat saya cabang pematang siantar tidak ada pencairan secara tunai, walaupun saldo dibwa 2jt. Apa berbeda ya sistem kantor bpjs ditiap daerah terima kasi.

    Reply
      • September 6, 2017 at 9:14 am
        Permalink

        Tadi sdh dijawab via telfon ya pak 🙏🏻

        Reply
  • September 7, 2017 at 10:37 pm
    Permalink

    Mau tanya pak/ibu aku baru keluar bulan juli tahun 2017 berarti harus pake disnaker ya? Tapi kalo temen saya nyairin di bogor kat pihak pengelola bpjs disana ga perlu pake disnaker karna dipaklaring nya sudah ada cap dan ttd dari hrd nya. Kalo didepok tetep gabisa ya harus pake disnaker? Mau tanya satu lagi pak/ibu aku kan ktp nya bekasi tapi mau nyairin didepok bisa ga ya? Terimakasih mohon dibantu

    Reply
    • September 10, 2017 at 8:10 am
      Permalink

      Harus pake surat yg ke disnaker kak. Ktp bekasi harusnya bisa nyairin di depok selama semua persyaratan dokumennya dipenuhi

      Reply
  • September 12, 2017 at 6:21 am
    Permalink

    Mba , mau tanya ..
    saya ad 2 kepesertaan , yang1 masih aktiv dan yang 1 sudah tidak aktiv ,
    di atas di jelaska jika salah 1 masih aktiv tidak dapat di cairkan ,

    yang ingin sya pertayakan , jika data base kartu yang masih aktiv dan sudah tidak aktiv berbeda, apakah dapat di cairkan/ ( contoh : alamat , ktp , kk dan nama ibu kandung ) ?

    Reply
    • September 12, 2017 at 7:09 am
      Permalink

      Waduh kok ktp sm ibu kandung beda? Kok bisa mas? Sy blm tau ya mas tp dicoba aja utk cairkan yg sdh tdk aktif

      Reply
  • September 14, 2017 at 5:02 am
    Permalink

    mba sya kan kluar dr perusahaan pda juni 2014. Dan saya tdk memiliki surat pengunduran diri hanya paklaring saja, kira kira harus membuat surat keterangan ke depnakernya atau tidak?tolong penjelasannya ya kak.

    Reply
    • September 14, 2017 at 8:39 am
      Permalink

      Surat keterangan ke depnaker diperuntukkan utk pekerja yg bhenti per september 2015. Jd kl mba resign juni 2014 tdk perlu bawa surat kterangan ke depnaker

      Reply
  • September 17, 2017 at 8:15 am
    Permalink

    Sore mbak, saya cuma mau klarifikasi saja. Kebetulan saya rencana mau ajukan klaim bpjs besok di kantor bpjs depok. Saya resign per januari 2015, namun surat paklaringnya baru saya dapatkan per tanggal september 2017 ini. Jadi saya tidak perlu surat untuk disnaker itu kan ya? Cukup bawa paklaring dari perusahaan saja kan? Terima kasih sebelumnya.

    Reply
    • September 17, 2017 at 10:32 am
      Permalink

      Di surat paklaring tertulis mba kerja sampai kapan? Apakah sampai januari 2015?

      Reply
      • September 17, 2017 at 11:08 am
        Permalink

        Iya mbak sampai Januari 2015

        Reply
        • September 17, 2017 at 1:39 pm
          Permalink

          Iya mba gak perlu pake surat ke disnaker

          Reply
  • September 18, 2017 at 4:57 pm
    Permalink

    Salam mba,tanya klo kerja per jan 2016 danresend april 2017,,pakai pklaring saja atau surat disnakertrans,,,buat surat disnakertrans bgimana prosesnya ya trims

    Reply
    • September 18, 2017 at 10:14 pm
      Permalink

      Harus melampirkan surat dari HRD ke disnaker pak. Prosesnya : bapak minta suratnya ke HRD. Tdk perlu dilegalisir cukup surat dr HRD ke disnaker. HRD kantor bapak pasti paham aturan ini

      Reply
  • September 19, 2017 at 10:20 am
    Permalink

    Assalamu’alaikum mba sya mau tannya mba..sya kehilangan kartu jamsostek tp saya sdah minta surat kehilangan dari polisi apa bisa ya mba sya mencairkan’y..😯

    Reply
    • September 19, 2017 at 12:28 pm
      Permalink

      Waalaikumsalam mba. Insyaallah bisa mba

      Reply
  • September 19, 2017 at 10:36 am
    Permalink

    Sore kak, kalo saya belum punya rekening tabungan, bisa tidak saya buatnya di bpjstk depok?

    Reply
    • September 19, 2017 at 12:29 pm
      Permalink

      Malam kak. Rekening tabungan buatnya di bank kak

      Reply
      • September 19, 2017 at 2:05 pm
        Permalink

        Oh saya kira d cabang depok langsung ada bank yang kerjasamanya, terimakasih.

        Reply
        • September 19, 2017 at 2:09 pm
          Permalink

          Ngga ada mba. Jd mba harus buat rekening dulu di bank 😊

          Reply
  • September 19, 2017 at 1:26 pm
    Permalink

    Malam ka mau tanya bpjs suami saya namanya beda sama di ktp itu ngurusnya gmn ka ka??

    Reply
    • September 19, 2017 at 2:10 pm
      Permalink

      Malam jg mba ayu. Mhn maaf kalau masalah itu sy gak tahu mba. Sptnya lbh baik ditanyakan ke CS nya bpjstk ya mba 🙏🏻

      Reply
  • September 19, 2017 at 1:56 pm
    Permalink

    Mbak. Untuk Surat tembusan ke disnaker nya, dr kantor saya dapetnya cm via email. Kl di print sendiri kan jd kayak fotokopi. Msh bisa ngga mbak buat syarat nyairin bpjs?

    Reply
    • September 19, 2017 at 2:11 pm
      Permalink

      Coba mba print pake printer berwarna deh. Mgkn hasilnya lbh baik dr yg biasa

      Reply
  • September 20, 2017 at 8:22 am
    Permalink

    Sekedar sharing…
    Ini pengalaman saya mencairkan JHT di kantor jamsostek depok.
    Sy resign agustus 2017, tgl 3 september jamsostek sy sudah Non aktif, dan menurut info kan sudah bisa di urus pencairannya yg penting sudah non aktif, tgl 12 sept sy ke jamsostek depok, sampai sana jam 7 kurang dan antrian sudah panjang, tinggal 3 baris di depan saya ternyata form sisa 3 saja, akhirnya sisa antrian bubar, karena sy ga mau bolak balik lg, sy antisipasi dan inisiatif tanya ke petugas mengenai dokumen yg sy bawa apa sudah lengkap dan benar, waktu itu sy tunjukkan copyan dan sy tunjukkan aplikasi BPJS sy yg statusnya sudah non aktif, kata petugasnya (perempuan berhijab dngn blazer hitam) sudah lengkap dan benar, lalu ay di kasih opsi u/mencairkan melalui bank BJB sebrang ruko ITC (deretan polres depok) sy kesana dan di tolak karena KTP sy bukan Depok, kecewa … karena petugas jamsostek tidak detail memberi info pembukaan rekening di BJB harus KTP setempat. Akhirnya sy kembali lagi esoknya tgl 13 sep, jam 6 kurang sy sampai di sana dan masih kosong, depan sy ada 2 baris yg sudah antri, singkatnya sy dapat form yg 3 rangkap dan saat mengumpulkan form isian ke security kami diminta u/meminta paraf di form asuransi ke petugas yg membagikan form, otomatis kami antri lg sekedar minta paraf, harusnya saat pembagian form petugas langsung paraf aja, jadi ga menghambat proses lg .. akhirnya dngn menahan emosi sy antri lg ke meja petugas awal, setelah di paraf, sy dipersilahkan masuk ke ruangan, berkas di kumpulkan ke security didalam, lalu dia mendistribusikan ke CSO, sy antri lg di dalam u/panggilan pengecekan berkas ke-2 (ambil no antrian), setelah dapat no antrian (sy dapet no 23) sy antri lg nunggu panggilan ke CSO, tiba waktu sy ke CSO 3 (petugasnya laki2) sambil cek berkas dia ajak ngobrol saya, nanya perusahaannya bergerak bidang apa, sy jawab sekenanya karena udah ga mood kelamaan antri, dia terus ngoceh masalah dampak kimia sampe bom atom bla bla bla.. (karena kantor terakhir sy bergerak di bidang kimia) sambil dia kasih copyan kuning form ke saya, dia bilang udah ya bu, saya tanya berapa lama di transfer, dia bilang 14 hari kerja. Jam 10.15 sy keluar dari kantor jamsostek. Info teman yg sudah mencairkan, 3 hari kerja dana sudah masuk, lalu sy cek rek di tgl 15 sep, dana blm masuk, sy cek lg tgl 19 sep dan blm masuk jg, filling sy ada yg ga beres dngn dokumen sy, akhirnya hari ini sy inisitif tlp ke jamsostek depok, sy disambungkan ke petugas klaim, ditanya kemaren dngn CSO siapa, sy jawab CSO 3 yg laki2, namanya ga jelas di form, akhirnya sy di tlp balik sekitar 5 menit setelah sy tlp, CSO tsb bilang dana saya BELUM bisa cair bulan ini dan harus ambil berkas lagi ke sana, lalu awal bulan Oktober baru masukin berkas lg, kata beliau jumat tgl 15 sudah tlp ke hp sy tp tidak tersambung, entah sinyal atau no hp yg salah katanya, pdhl dia tlp di no hp yg sama yg ada di form… saya kecewa sekali karena saat ini sy membutuhkan dana itu tapi dari pihak jamsostek depok seakan meremehkan hal ini, entah alasan atau apa yg jelas jumat tgl 15 tidak ada yg tlp ke hp sy.
    Jadi untuk saudara2 yg baru resign dan jamsosteknya belum 1 bulan di non aktifkan, lebih baik bersabar dan tunggu minimal 1 bulan setelah non aktif atau lewat bulan sejak non aktif supaya tidak terjadi kejadian seperti saya, karena kurangnya detailing info dari petugas jamsostek, fyi 2 hari sy urus ke depok, banyak juga yg datang karena revisi data, ya itu tadi karena kurangnya sosialisasi info lengkap dari pihak jamsostek.
    Semoga info ini bermanfaat… terima kasih

    Reply
    • September 20, 2017 at 9:03 am
      Permalink

      Mba lia, trmksh atas tambahan sharingnya. Semoga bermanfaat utk yg membaca. Dan semoga urusan pencairan jamsostek mba lia jg dipermudah ya mba 🙏🏻

      Reply
  • October 3, 2017 at 5:25 pm
    Permalink

    halo Mba aku mau nanya dong, untuk semuanya aku sudah lengkap, aku baru aja berenti bekerja dari bulan july akhir, dan sekarang kan sudah lewat 1 bulan, aku mencoba eclaim cuman entah kenapa selalu gagal, dan nampaknya cs nya juga sangat tidak membantu malah berkata “silahkan langsung datang saja bapak” , padahal kan saya melakukan eclaim untuk menghindari datang kesana dalam tempo waktu yang pastinya akan memakan waktu lama. Jadi pertanyaan saya, apakah disana benar benar ramai yaa yang mengantri? Dan untuk antriannya nanti, menunggu dulu sampai formulirnya habis, atau setelah kita mengisi formulir maka akan langsung di proses pada saat itu juga?

    Untuk teman teman yang lain saya juga ingin bertanya apabila ada yang membaca tulisan saya ini, kira kira apakah antrian panjang ini hanya ada di kantor bpjs depok saja atau di tempat lain tidak seperti ini seperti jakarta selatan atau jakarta pusat? Karena memang ada beberapa orang yang bercerita kepada saya sekarang mencairkan dana bpjs sangat mudah dan tidak usah mengantri, namun ketika saya membaca-baca untuk yang berada di kantor bpjs depok, nampaknya antrian ularnya parah sekali sehingga harus datang pagi-pagi buta seperti jam 6?

    Reply
    • November 2, 2017 at 4:19 am
      Permalink

      mba/mas, maaf banget ya saya telat banget responnya karena laptop rusak. Tentang e-claim memang ada beberapa orang termasuk saya pernah mencoba dan sering gagal. Makanya waktu itu saya putuskan untuk langsung datang ke kantornya.
      untuk masalah antrian di kantor depok sepertinya memang tidak bisa dihindari. kalau menurut pengamatan saya salah 1 alasannya karena kantornya kecil sehingga petugas yang melayani di dalam cuma ada 3 orang. Sementara 1 berkas pengajuan dari 1 orang membutuhkan waktu proses dari petugas sekitar 10-15 menit. Belum lagi ketika jam 12 sampai jam 1 tutup. Jadi memang harus ekstra sabar demi mendapatkan hak kita 🙂
      harusnya sekarang mba/mas sudah melakukan proses pencairan ya? kalau boleh tahu jadinya via e-claim atau datang langsung?

      Reply
  • October 9, 2017 at 5:46 am
    Permalink

    artikel nya sgt membantu mba.. klo ttd di e_ktp beda sm yg di kartu jamsostek.. kira2 di persulit g mba?.

    Reply
    • November 2, 2017 at 4:13 am
      Permalink

      terima kasih atas apresiasinya mas 🙂 masalah tanda tangan harusnya sih ngga masalah ya mas. Dicoba proses aja mas. Maaf ya balasnya telat banget karena laptop saya rusak

      Reply
  • October 20, 2017 at 10:58 am
    Permalink

    Untuk pencairan dana bpjs ke rekening cimb niaga emg lama ya? Atau gmn?
    Soalnya tmn saya bareng wkt pencairan dana, dia udh ditransfer sblm seminggu tp saya kok blm yaa udh seminggu. Padahal saya lg butuh uang bgt

    Reply
    • November 2, 2017 at 4:10 am
      Permalink

      maaf ya mba laptop saya rusak jadi baru sempat baca komen hari ini. hehehe… kalau sekarang harusnya sudah masuk ya dananya mba? Kalau pengalaman saya transfer ke BNI cuma sekitar 2 hari dari tanggal saya proses ke kantor BPJS.

      Reply
  • October 20, 2017 at 11:47 pm
    Permalink

    Kalau Mau pengurusannya dari awal antri sampai penyerahan berkas berkasnya kekantor cabang Depok nya,bisa diwakilin orang lain engga, pakai Surat kuasa?

    Reply
    • November 2, 2017 at 4:08 am
      Permalink

      sepertinya tidak bisa mas karena ada berkas-berkas yang harus langsung ditandatangani pemohon dan di meja terakhir kita pun akan diambil fotonya. Tapi untuk lebih jelasnya silakan hubungi customer service BPJSTK ya

      Reply
  • October 22, 2017 at 12:04 pm
    Permalink

    Ka mau tanya, buat urus surat pengunduran diri ke perusahaan ada berkas2 yg perlu dibawa ga ya ?
    makasih

    Reply
    • November 2, 2017 at 4:07 am
      Permalink

      surat pengunduran diri dari perusahaan harusnya kan bisa langsung didapat setelah karyawan keluar kerja. Kalaupun tidak langsung ada, sepertinya gak sampai 1 minggu surat paklaring harusnya sudah jadi.

      Reply
  • October 27, 2017 at 2:28 am
    Permalink

    kak saya mau nyairin jht tp e ktp saya blum jadi masih pake resi ktp nya.
    bisa kah d ambil kalo cuma pke resi ktp doank?

    Reply
    • November 2, 2017 at 4:05 am
      Permalink

      setahu saya jika e-ktp belum jadi harus membawa blangko yang dikeluarkan dari Ditjen Dukcapil (Ditjen Kependudukan dan Cataan Sipil) dimana di dalam blangko itu ada foto si pemohon. Jadi tidak bisa hanya membawa surat keterangan dari kelurahan/kecamatan saja. Tapi untuk lebih jelas silakan telfon langsung ke CS BPJSTK ya mba

      Reply
  • October 28, 2017 at 6:09 am
    Permalink

    masih bingung, nihhh… 2012-2013 ker perusahaan A , 2013-2017 di perusahaan B, 2017 sampai sekarang kerja di C, trus untuk pengurusanya bisakah hanya dgn paklaring dr satu perusahaan terakhir (C),?

    Reply
    • October 30, 2017 at 9:58 am
      Permalink

      Hai mba, maaf ya saya baru sempat jawab hari ini. Kalau mba mau cairin jamsostek dari perusahaan C maka yang dibutuhin ya paklaring dari perusahaan C. Jadi intinya tergantung dari perusahaan mana yang mba mau cairkan jamsosteknya. Semoga membantu ya

      Reply
  • October 31, 2017 at 7:10 pm
    Permalink

    Maaf mbak,, mau tnya,,, klo di kantor depok kan dlu saya harus datang jam 4 subuh buat dpt antrian,,,pas saya baca artikel mbak brrti udh gak bisa dateng subuh2 lagi donk y??,, y jam 7 misalnya,,,

    Reply
    • November 2, 2017 at 4:00 am
      Permalink

      Wow … hebat banget mas datang jam 4 subuh 🙂 Ya terserah aja sih mas mau datang jam berapa selama mas gak keberatan. Tapi memang lebih baik datang sepagi mungkin supaya dapat antrian pertama dan gak kehabisan formulir.

      Reply
      • November 2, 2017 at 11:50 am
        Permalink

        Ok mbak,,, trima kasih info nya y…

        Reply
  • November 1, 2017 at 3:37 am
    Permalink

    Kak mau nanya surat yg untuk disnanaker wajib dilegalisir yah ?

    Reply
    • November 2, 2017 at 3:58 am
      Permalink

      tidak mas. Surat dari HRD ke Disnaker cukup tanda tangan dari HRD tempat mas bekerja

      Reply
  • November 4, 2017 at 1:06 pm
    Permalink

    selamat malam,
    mba mau tanya; pas emba mencairkan dana jamsosteknya emba masih bekerja di perusahaan lain atau memang sudah tidam bekerja?
    saya mau mencairkan tapi posisinya saya masih bekerja di tempat baru mba. 🙁

    Reply
    • November 11, 2017 at 6:32 am
      Permalink

      maaf mba baru sempat balas. untuk pencairan dana jamsostek, mba harus sudah tidak bekerja.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Info : 0812-8446-1997Call