Bingung Promosi? Yuk Manfaatkan Media Sosial Saja!

Media sosial awalnya dibuat sebagai alat untuk menjalin silaturahmi dengan orang yang berlainan kota atau daerah dan juga dengan orang-orang yang sudah jarang sekali atau bahkan sudah tidak pernah bertemu untuk sekian waktu lamanya.  Seiring dengan perkembangannya, kini banyak orang memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk berjualan dan melakukan promosi.  Banyak yang sudah membuktikan jika media sosial merupakan salah satu media yang ampuh digunakan sebagai ajang berpromosi.

Bingung Promosi? Yuk Manfaatkan Media Sosial Saja!

Kini banyak orang memiliki akun media sosial digunakan sebagai akun pribadi untuk bersosialisasi di dunia maya ataupun sengaja untuk berbisnis. Media sosial tempat berkumpul banyak orang, kita juga bisa mengumpulkan orang yang memiliki kegemaran yang sama, sehingga cukup efektif jika melakukan promosi di media social. Sekali meng-upload bisa dilihat oleh banyak pasang mata.

Di media sosial orang bisa melakukan komunikasi layaknya bertemu langsung, bedanya hanya tidak bertatap mata saja. Saat berpromosi bisa menggunakan hashtag itu akan membantu memudahkan customer ketika hendak mencari barang atau apapun secara online.

Saat ini banyak dijumpai grup belajar marketing dengan memanfaatkan media sosial. Bagaimana bisa memaksimalkan akun media sosialnya supaya bisa mendukung memaksimalkan kemajuan bisnisnya. Bahkan ada buku khusus panduan menggunakan Facebook sebagai media promosi, dan konon sudah banyak yang berhasil mempraktekkannya.

Facebook merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan orang untuk berbisnis online.  Ada banyak fasilitas yang disediakan oleh Facebook bagi siapapun yang ingin melakukan promosi atau jual beli online, dimana fasilitas ini tidak dimiliki oleh media sosial lainnya.  Inilah alasan kenapa banyak orang lebih cenderung menggunakan media social Facebook sebagai tempat untuk promosi.  Karenanya, jangan bosan jika mendapati ada banyak grup atau komunitas yang bisa di jumpai di FB, dan banyak juga grup-grup yang mengadakan pelatihan online, yang isinya tentu saja bagaimana menjalankan marketing di media sosial.

Bingung Promosi? Yuk Manfaatkan Media Sosial Saja!

Media sosial yang digemari selanjutnya adalah Instagram. Di media ini orang lebih banyak meng-upload gambar/foto, sehingga cocok untuk yang berjualan, karena bisa memasang foto barang dagangannya sebanyak-banyaknya.  Dengan menggunakan hashtag, orang sudah bisa mencari apapun yang di carinya berdasarkan keyword tertentu. Dari artikel yang saya baca di salah satu media, ada beberapa keunggulan instagram sebagai media online shop diantaranya : 1) Tidak berbayar; 2) Banyak penggunanya; 3) User friendly / mudah digunakan; 4) Promosi yang mudah diantaranya menggunakan hashtag, jasa endorsement, metode paid promote / shout for shout program; 5) Media utamanya berupa foto yang mampu memberikan tampilan dan kualitas foto yang baik, yang tentu saja sangat cocok untuk media promosi online shop yang biasanya sangat mengandalkan foto produk; 6) Koneksi dengan media social lainnya seperti Facebook, twitter, email, dll.

Bingung Promosi? Yuk Manfaatkan Media Sosial Saja!

Alternatif medsos lainnya adalah twitter.  Untuk twitter, cocok digunakan untuk orang yang memiliki banyak waktu untuk berhubungan dengan para pelanggan / calon pelanggan karena asumsi orang menggunakan twitter adalah mereka berharap mendapatkan balasan / respon yang cepat.  Jadi, jika kalian merasa tidak memiliki waktu untuk membalas pertanyaan pelanggan / calon pelanggan dengan cepat maka sebaiknya twitter tidak dijadikan andalan dalam memasarkan produk Anda.  Selain itu, untuk mendapatkan follower pun relative lebih susah dengan twitter.

Bingung Promosi? Yuk Manfaatkan Media Sosial Saja!

So, jangan sia-siakan akun medsos yang kalian punya dengan membuat status-status yang kurang bermakna.  Lebih baik akun-akun medsos yang ada dimanfaatkan agar dapat menjadi salah satu peluang usaha yang menghasilkan.

Selamat berpromosi 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Info : 0812-8446-1997Call