Bandara Juanda Ditetapkan Sebagai Bandara Yang Paling Tepat Waktu Nomor 3 Di Dunia Tahun 2016

Waktu pertama kali dengar di radio bahwa Bandar Udara Juanda Surabaya ditetapkan sebagai bandara yang paling tepat waktu nomor 3 dunia, saya lumayan kaget. ¬†Masa sih Indonesia bisa? ūüôā ¬†Saya sudah apriori dengan budaya Indonesia yang suka “ngaret” di hampir semua lini. ¬†Makanya dengan pengakuan dunia internasional di awal tahun ini rasanya bisa menjadi satu pemicu bukan hanya untuk dunia penerbangan saja tapi di semua lini untuk bisa merubah budaya ngaret menjadi lebih tepat waktu.

bandara juanda ditetapkan sebagai bandara yang paling tepat waktu nomor 3 di dunia tahun 2016
Bandara Juanda, Surabaya

Penobatan terhadap Bandara Juanda ini dilakukan oleh riset lembaga analis perjalanan udara asal Inggris, OAG, yang dirilis bulan Januari 2017.  Penilaian dilakukan berdasarkan ukuran OTP (on time performance) selama tahun 2016.  Adapun definisi ketepatan waktu menurut OAG adalah penerbangan yang tiba atau berangkat dalam waktu kurang 15 menit dari waktu kedatangan atau keberangkatan yang telah dijadwalkan.

Bandara Juanda termasuk dalam kategori Bandara Besar.   Bandara Besar adalah bandara dengan jumlah penumpang per tahun mencapai 10 juta hingga 20 juta penumpang.  Terdapat 20 bandara yang masuk kategori bandara besar.

Dan berikut adalah urutan 3 pemenang bandara yang paling tepat waktu tahun 2016 versi OAG :

  1. Bandara Birmingham Inggris dengan OTP rata-rata 91,28%;
  2. Bandara Newcastle di Inggris dengan OTP rata-rata 90,94%;
  3. Bandara Juanda di Surabaya, Indonesia dengan OTP rata-rata 90.3%;

Selamat kepada PT Angkasa Pura I sebagai pengelola Bandara Juanda atas prestasi gemilang yang telah dicapai.  Semoga tidak lantas menjadi besar kepala tapi justru menjadi motivasi untuk melakukan continues improvement agar prestasi ini bisa tetap bertahan bahkan lebih meningkat lagi.  Bravo Indonesia!

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Info : 0812-8446-1997Call